Tugas SOFTKILL Ke-3


Tugas SOFTKILL Ke-3 Mata Kuliah PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Proposal E-Commerce Bayu Watch Collection

 Untitled

NAMA KELOMPOK :

Bobby Chandra Ardian                      (51410427)

Caesar Trihardi S                                (51410495)
Fauzi Akhmad Diawan                       (52410661)
Ibnu Antiko                                        (53410357)
Reza Eko Prasetyo                              (55410796)

Rianto Aji Waskito                             (55410879)

Wahyu Mohan                                                (58410428)

UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

1.1       Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini dapat mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk dalam hal perdagangan atau bisnis. Teknologi informasi saat ini sudah menjadi bagian utama dalam kegiatan bisnis dunia. Dengan berbasis teknologi informasi nilai bisnis diyakini akan semakin meningkat, oleh karena itu mutlak diperlukan pengembangan bisnis yang berbasis teknologi informasi. Bisnis secara atau berbasis teknologi informasi dapat melengkapi atau bahkan dapat menggantikan metode bisnis secara manual atau offline. Terlebih dalam penjualan produk, metode offline hanya akan efektif jika masih dalam lingkup satu area geografis dalam arti kata pembeli dan penjual bertemu langsung dan mengadakan transaksi di tempat. Sedangkan dalam rangka meningkatkan nilai bisnis, meraih lebih banyak customer,  para pelaku bisnis tentu akan menambah area pemasaran produknya. Dan itu tentu sulit dilakukan jika hanya mengedepankan metode offline saja. Dengan berbasis teknologi informasi informasi kendala – kendala tersebut dapat diatasi. Secara khusus yaitu dengan perdagangan berbasis teknologi informasi / online atau yang lebih populer disebut e-commerce. Melalui e-commerce kendala – kendala perdagangan secara offline dapat teratasi, tidak hanya kendala dalam aspek area geografis, dimana pembeli dari tempat / kota yang jauh dapat terlayani dengan baik karena customer tidak harus jauh jauh datang ke tempat penjual, transaksi cukup dilakukan di depan komputer yang terhubung ke jaringan internet, memilih barang yang akan dibeli, membayar secara online dan barang dikirim ke customer, dalam hal ini tidak hanya customer yang berada luar  area saja yang terbantu tapi juga customer yang masih berada di satu area. Melalui website e-commerce penjual dapat menampilkan produk – produk terbarunya, menampilkan informasi menarik berupa promo, diskon atau info dari produsen produk. Dengan ini customer dapat menghemat waktunya untuk mengetahui apa saja hal terbaru yang ingin diketahui, cukup dengan mengunjungi website yang dapat dilakukan dimana saja customer dapat mengetahui hal yang diinginkannya, tidak harus mendatangi toko penjual. Melalui fitur – fitur yang ada pada website e-commerce interaksi hubungan antara penjual dan customer dapat terus terjaga dan terjalin secara continue. Dengan memperhatikan fitur website, tampilan website yang menarik dan interaktif dengan customer serta terjaminnya  keamanan dan kemudahan dalam pembayaran secara online dan proses ketepatan pengiriman barang yang dapat menjadi masalah dalam hal e-commerce, tujuan perusahaan melalui e-commerce akan tercapai dengan baik. Hal itu dapat meningkatkan mutu layanan untuk customer yang secara tidak langsung juga merupakan upaya dalam meningkatkan mutu nilai dari bisnis.

Bayu Watch Collection yang merujuk pada e-commerce, merupakan website dimana pelanggan dapat terpenuhi segala kebutuhannya terkait shopping yang cepat, tepat dan aman. Website yang kami rancang dapat memenuhi semua aspek untuk mengatasi kendala – kendala tersebut. Dan mulai dari proses perancangan website, pelatihan admnistrator hingga hasil akhir dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. Dan tentunya dapat menjadi aspek atau faktor penting untuk membantu tujuan dari perusahaan serta meningkatkan nilai kualitas dan image  dari perusahaan.

1.2       Batasan Masalah

Untuk melakukan pembelian, menggunakan tombol add to cart setelah itu barang akan ada dalam keranjang,  kemudian melakukan pengisian form untuk melakukan pemesanan, sedangkan untuk transaksi pembelian menggunakan konfirmasi melalui sms.

1.3       Tujuan

Mempromosikan suatu produk dan juga bisa memesan produk secara online untuk mengembangkan usaha penjualan jam tangan pada Bayu Watch Collection dengan merancang suatu web e–commerce, kemudian dari rancangan tersebut, dibuat suatu aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman web yaitu, HTML, PHP dan MYSQL sebagai pemrograman databasenya, untuk penjualan jam tangan.

 

1.4       Metode yang Digunakan

Memiliki web toko online

Modal primer yang mesti (tidak harus) para pelaku pemasar online untuk mendisplay produk-produk yang ingin dijualnya secara online adalah dengan memiliki website toko online. Web ini sangat berguna untuk menampilkan produk-produknya berupa visualisasi dan keterangan produk yang persuasif. Apalagi web kita memiliki fasilitas transaksi produk dari pembelian hingga pembayaran tanpa harus melakukan komunikasi (baik sms atau telepon) diluar web tersebut. Dengan adanya web toko online dapat memudahkan konsumen untuk mengenal produk kita dan membelinya.

Iklan Banner

Kalau di atas tadi penjelasan tentang fasilitas display produk dan jual beli, maka iklan banner merupakan sarana promosi layaknya iklan-iklan kovensional yang diletakkan di tempat-tempat yang banyak pengunjungnya. Iklan banner biasa kita lihat pada situs-situs portal berita. Biasanya di desain dengan cukup menarik. Tambahan animasi pun juga dilakukan untuk memperindah tampilan.

Tujuan iklan banner adalah untuk mengetahui informasi keberadaan produk kita. Fasilitas ini hanya berupa informasi dan biasanya kita harus meng-klik banner tersebut agar masuk ke halaman web yang sedang dipromokan oleh banner tersebut.

Iklan klik (teks)

Iklan klik yang sangat familiar saat ini adalah google adsens. Ketika mendengar google adsens kita akan mengingat sebuah iklan teks yang dapat dipasang di web atau blog kita. Jika ada orang yang mengklik iklan tersebut di web atau blog kita maka kita akan mendapat uang dari google. Itulah fasilitas google dalam menjalankan jaringan bisnis iklan teksnya.

Memanfaatkan Jejaring sosial

Semua orang bisa saling berkomunikasi dua arah dan mengekspresikan dirinya di area publik maya ini. Namun, bagi sebagian kalangan yang bekerja sebagai marketing atau pebisnis, pasti memanfaatkan sarana ini untuk mempromosikan produknya. Di Indonesia, twitter dan Facebook menjadi jejaring sosial yang cukup banyak digunakan. Para pemasar pun ramai-ramain memanfaatkan kedua fasilitas ini untuk kegiatan komunikasinya, baik membangun brand maupun citra perusahaan.

Dan yang paling sering dimanfaatkan dengan adanya situs jejaring sosial ini adalah membentuk komunitas. Kehadiran komunitas-komunitas tersebut akan semakin mempermudahkan membentuk jaringan pemasaran yag efektif dan efisien. Aktivitas promosi bukan hanya pemilik usaha saja, melainkan konsumen yang telah loyal atau telah bergabung di komunitas tersebut dapat  ikut mempromosikan produk yang ia sukai. Atau dapat dikatakan juga jika keberadaan komunitas sebagai ruang saling memberi testimoni.

1.5       Target

Target pemasaran Bayu Watch Collection adalah konsumen Indonesia. Dengan memanfaatkan kelebihan yang terletak di web e-commer diaman pengunjung bisa melihat produk yang ada untuk dijadikan pedoman untuk membeli agar lebih menghemat waktu dan lebih nyaman.

PROPOSAL

Profil Usaha

Nama Perusahaan                 : Bayu Watch Collection

Alamat Perusahaan              : Jl. Cempaka 4 Pondok Gede, Bekasi 

Nama Pemilik                        : Bayu

 

Informasi Tentang Bisnis      

Bisnis ini bergerak dibidang penjualan produk jam  tangan,  dari berbagai merk, diantaranya lexander   christie, baby g-shock, diesel, edifice, g-shock, gucci, nixon, qnq, ripcurl dan rolex.

WBS (Work Breakdown Structure)

WBS adalah merupakan kependekan dari Work Breakdown Structure. Work Breakdown Structure merupakan proses awal dari project management yang membagi dalam fase-fase project.

Sumber Daya

Sumber daya menggunakan beberapa alat diantaranya :

1. Handphone, sebagai sarana media komunikasi antara konsumen dengan penjual.

2.Laptop atau komputer, sebagai sarana media elektronik untuk mengakses situs

3. Koneksi internet, sebagai sarana media pendukung untuk mengakses situs .

4. M-banking tau E-banking, sebagai sarana media transaksi pembayaran.

Biaya

* modal barang : Rp 30.000.000,-

* Pulsa : Rp 100.000,-

* Transportasi untuk pengiriman dan pemesanan barang : Rp 5.000.000,-

* Total anggaran awal  pembuatan website: Rp 2.000.000,-

Kegiatan/Task

Dalam kegiatan /task ini berisi sosialisai terhadap “PROPOSAL Bayu Watch Colection” yang meliputi langkah – langkah  sebagai berikut:

  •  Pembuatan Disain
    – Membuat Disain di Photoshop
    – Membuat Cropping dengan Dreamweaver
  •  Pengerjaan Programming
    – Mendisain table
    – Membuat CMS (Content Management System)
    – Melakukan programming di tampilan website
    – Membuat dokumentasi CMS
  • Pengisian website
    – Mengisi website
    – Melakukan training pemakaian CMS Penutup

Demikian proposal yang telah buat, semoga proposal ini dapat terealisasikan dengan baik. Terima Kasih.

SUMBER & Referensi

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s