PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


Tugas SOFTKILL Ke-1 Mata Kuliah

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

NAMA KELOMPOK :

Bobby Chandra Ardian                    (51410427)

Caesar Trihardi S                             (51410495)

Fauzi Akhmad Diawan                     (52410661)

Ibnu Antiko                                       (53410357)

Reza Eko Prasetyo                           (55410796)

Rianto Aji Waskito                            (55410879)

Wahyu Mohan                                   (58410428)

UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dibidang IT

Apa itu Blibli ?

Diluncurkan pada 2011, Blibli tercatat sebagai situs e-commerce termuda di Indonesia. Toko maya itu menjual segala jenis barang dari BlackBerry hingga layanan TV berlangganan atau tiket konser dan sepeda motor. Hiruk pikuk transaksi didalamnya cukup membuatnya dijuluki Amazon.com versi Indonesia. Blibli lebih menitikberatkan kepada hal-ihwal teknologi. Tak seperti banyak situs di Nusantara yang tak dipersenjatai sistem pembayaran yang aman, Blibli menerima Visa atau Mastercard dan dirancang mendapatkan persetujuan serta jaminan keamanan dari VeriSign, perusaan autentifikasi layanan yang berbasis di AS. Perusahaan start-up itu dimiliki oleh PT Global Digital Niaga, anak perusahaan Grup Djarum dan Bank Central Asia (BCA), yang memungkinkannya tak kehabisan dana. Alhasil, merek-merek ternama seperti Cartier, Harley Davidson dan Phillips, kepincut. Demi memadukan media sosial dengan pengalaman belanja online, situs itu menampilkan kolom “Our Experts” dengan para penulis yang dilabeli “Miss Stylish” dan “Mr. Gadget.” Keduanya berfungsi sebagai kurator yang memilih barang-barang sesuai dengan reaksi pasar menyangkut tren terbaru, review telepon seluler, dan komputer. Situs itu dikunjungi sekitar 30 ribu orang per hari dan memiliki keterikatan kuat dengan perbankan serta perusahaan telekomunikasi. Keistimewaan situs ini juga pada kecepatan pengiriman barang. Contoh:pengiriman barang perdana iPhone 4S tiba satu jam setelah pemesanan.

Nama Perusahaan     : PT Global Digital Niaga

Berdiri sejak              : 2010

Alamat Operasional  : Jl. Aipda K.S. Tubun 2C/8, Jakarta 11410, Indonesia.

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Melalui berbagai kampanye dan promo agresif, terutama dalam memperkenalkan berbagai produk gadget terbaru juga layanan khusus yang inovatif, Blibli.com dikenal sebagai salah satu e-commerce site yang selalu pertama menghadirkan gadget terbaru di Indonesia. Dominasi pasar gadget ini mengundang banyak tawaran kerja sama marketing, mulai dari promosi, launching, hingga value added service dari produser gadget terkemuka seperti Samsung, Acer, Dell, hingga penyedia jasa telekomunikasi seperti Telkomsel, Excelcom, Indosat, dan Esia.

Salah satu bentuk kerja sama yang banyak menuai pemberitaan adalah peluncuran Telkomsel iPhone 4s di Indonesia. Perluncuran iPhone 4s pertama secara resmi dilakukan di Indonesia oleh Telkomsel pada 27 Januari 2011 pukul 00.00 melalui Blibli.com. Dengan layanan Express Delivery Service dari Blibli.com semua produk iPhone 4S yang dipesan oleh pelanggan Blibli.com dikirimkan dalam kurun waktu 2 jam pada malam yang sama sehingga pemilik pertama iPhone 4S di Indonesia adalah pelanggan Blibli.com.

Pilihan Metode Pembayaran

Melalui kerja sama dengan bank-bank terpercaya di Indonesia, Blibli.com menghadirkan pilihan metode pembayaran yang luas kepada pelanggannya.

a. Kartu Kredit

Blibli.com menerima pembayaran menggunakan kartu kredit jenis Visa dan MasterCard yang diterbitkan oleh semua bank di Indonesia.

b. Internet Banking

Blibli.com juga melayani transaksi melalui internet banking KlikBCA, KlikPay BCA, Mandiri ClickPay, dan CimbClicks.

c. Transfer

Blibli.com memberikan pilihan transfer ke Virtual Account Mandiri dan BCA yang dapat dilakukan dari semua rekening bank yang ada Indonesia, baik dari ATM maupun dari kantor cabang, atau fasilitas M-Banking.

Pilihan Metode Pengiriman

Pengiriman produk dari Blibli.com dilakukan melalui shipping partner handal. Pelanggan Blibli.com dapat memilih pengiriman melalui NCS, JNE, dan RPX.

Free Shipping

Blibli.com memberikan gratis ongkos pengiriman kepada pelanggan di seluruh Indonesia tanpa minimal transaksi.

Cicilan 0%

Fasilitas cicilan 0% 12 Bulan dapat digunakan secara otomatis untuk transaksi menggunakan kartu kredit Visa dan MasterCard dari BCA. Pembayaran menggunakan KlikPay BCA melalui account BCA Card, dapat menikmati fasilitas cicilan 0% 6 dan 12 Bulan.

Customer Care Center

Customer Care Center Blibli.com dapat dihubungi melalui telepon, email, maupun live chat pada hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00 hingga 17.00. Dedicated Customer Care Center ini melayani pelanggan baik untuk menjawab berbagai pertanyaan pada tahap browsing, transaksi, pengiriman, maupun membantu proses return, exchange, maupun service sesuai dengan policy dari masing-masing merchant partner.

Penghargaan

Pada tanggal 29 Februari 2012, Blibli.com meraih penghargaan Best e-Commerce versi dari majalah Gadget+.

Perkembangan

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang pertama, Blibli.com mengundang media, blogger, merchant channel, dan pelanggan setianya dalam acara bertajuk “Blibli.com 1st Anniversary: A year of fun & relaxing shopping experience”. Dalam acara yang digelar di The Oyster, Plaza Senayan, Jakarta, pada hari Rabu (1/8) tersebut Blibli.com memaparkan sejumlah perkembangan yang telah mereka lalui selama satu tahun merambah industri e-commerce di tanah air.

Lahir pada tanggal 25 Juli 2011 dengan investasi awal sebesar USD10 juta, jumlah pengunjung dan posisi Blibli.com di industri e-commerce menanjak dengan cepat. Berdasarkan ranking Alexa, pada awal peluncuran Blibli.com menempati posisi 7250, menanjak ke posisi 821 pada saat grand launching, dan kini menempati posisi 187 dengan rata-rata 30.000 pengunjung per hari.

Jumlah pengunjung yang meningkat secara pesat didorong oleh sejumlah perubahan yang dilakukan Blibli.com untuk mengakomodasi dan memudahkan proses belanja online. Dari perubahan tampilan halaman depan hingga proses check-out yang disederhanakan, dari lima langkah menjadi tiga langkah.

Kehadiran fitur Expert juga membantu pengunjung untuk mengetahui lebih dalam mengenai produk yang diminati, serta memberikan tips, artikel, dan informasi seputar belanja online. Fitur tersebut kini dikembangkan menjadi program BlibliFriends yang membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi reviewer produk, sesuai dengan kategori yang diminati.

Saat ini Blibli.com telah menyuguhkan kategori Electronics, Handphones, Women, Men, Kids & Baby, Interest & Entertainment, Culinary, serta Automotive. Blibli.com telah bekerja sama dengan sejumlah merchant untuk menyuguhkan gaya promosi yang menarik.

Dalam kategori Kids & Baby, Blibli.com kerja sama dengan layanan dokter anak untuk memberikan konsultasi pembelian produk yang sesuai dengan kebutuhan anak. Blibli.com juga bekerja sama dengan Polygon dalam mempromosikan hidup sehat melalui kegiatan bersepeda.

Penjualan tiket event pun mulai dilakukan Blibli.com, seperti untuk konser Christina Perry dan Jason Mraz beberapa waktu lalu. Kini, Blibli.com menawarkan tiket konser Maroon 5 dan akan segera menawarkan tiket event di luar konser, seperti Chess Goes To Campus.

Dari seluruh kategori yang disuguhkan, produk-produk dari kategori Electronics, khususnya gadgets mendominasi penjualan dalam Blibli.com. “Penjualan secara online memang sudah biasa dilakukan untuk tiket, hotel, airlines, dan gadgets. Maka dari itu, kategori Electronics menjadi yang paling laku di Blibli.com,” ujar Ivan Hudyana, Head of Marketing Blibli.com.

Contoh Dokumen Legal Aspek Pendirian Perusahaan

Gambar

       Dalam mendirikan sebuah perusahaan atau perseroan terbatas ada beberapa tahap dan persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pendiri perusahaan : pertama lakukan persiapan

persiapan terdiri dari :

  • Konsultasi , yang berguna untuk : mengetahui ruang lingkup pendirian perusahaan, mengetahui biaya administrasi dan cara pembayarannya, dan mengetahui prosedur dan persyaratan pendirian perusahaan
  • Pengisian Formulir
  • Pengisian Surat Kuasa

Tahap yang kedua adalah pengajuan nama perusahaan. Pengajuan nama perusahaan ini didaftarkan oleh notaris melalui SISMINBAKUM. Dengan persyaratan :

Gambar

  • Melampirkan asli formulir dan pendirian surat kuasa
  • Melampirkan copy KTP para pendirinya dan para pengurus perusahaan
  • Melampirkan copy KK pimpinan perusahaan

Proses pendaftaran dilakukan oleh notaris sebelumya bertujuan untuk mendapatkan persetujuan dari instansi terkait (menteri Hukum dan HAM RI) sesuai dengan UU no. 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas (PT) dan peraturan pemerintah no.26 tahun 1998 tentang pemakaian perseroan terbatas.

  Langkah Ketiga adalah pembuatan akta

Pembuatan akta pendirian dilakukan oleh notaris yang berwenang diseluruh wilayah negara Indonesia untuk selanjutnya mendapatkan pesetujuan dari menteri hukum dan HAM RI.

Langkah yang keempat adalah membuat surat keterangan domisili di kantor kelurahan
Permohonan surat keterangan domisili diajukan kepada kantor kelurahan setempat sesuai dengan alamat kantor perusahaan tersebut berada sebagai bukti keterangan / keberadaan alamat perusahaan. Lama proses adalah 2 hari kerja. Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah : copy bukti PBB tahun terakhir atau bukti PPN atas sewa atau kontrak tempat usaha bagi yang berdomisili di gedung perkantoran.

Tahap selanjutnya permohonan NPWP

Gambar

Permohonan pendaftaran nomor pokok wajib pajak diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan keberadaan domisili perusahaan. Lama proses 2 hari kerja.

Persyaratan lain yang dibutuhkan :

  • Untuk wajib pajak perseorangan: foto copy KTP bagi WNI atau foto copy paspor bagi WNA, surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang bagi orang asing minimal lurah atau kepala desa, surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan dari instansi yang berwenang.
  • Untuk wajib pajak badan usaha : foto copy akta pendirian dan perubahan terakhir, foto copy KTP bagi WNI atau foto copy paspor bagi WNA ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang bagi orang asing minimal lurah atau kepala desa, surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang minimal lurah atau kepala desa.

Tahap berikutnya pengesahan Anggaran Dasar Perseroan olen Menteri Kehakiman dan HAM
Permohonan ini diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan (Akta Pendirian) sebagai badan hukum PT sesuai dengan UU no. 40 tahun 2007 tentang perseroaan terbatas. Lama proses 25 hari kerja setelah permohonan diajukan. Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah :

  • Bukti setor bank senilai modal disetor dalam akta pendirian
  • Bukti PNBP sebagai pembayaran berita acara negara
  • Asli akta pendirian

Langkah selanjutnya membuat SIUP

Gambar

Permohonan SIUP diajukan kepada Dinas Perdagangan Kota/Kabupaten/Propinsi sesuai dengan keberadaan domisili Perusahaan. Lama proses adalah 10 hari kerja. Penggolongan SIUP terdiri dari SIUP Besar, Menengah dan Kecil dengan ketentuan sebagai berikut :

  • SIUP Besar untuk Modal disetor diatas 500 Juta,
  • SIUP Menengah untuk Modal disetor diatas 200 juta s.d 500 juta.
  • SIUP Kecil untuk Modal disetor s.d 200 juta.

Prosedur permohonan SIUP :

  1. Perusahaan mengambil formulir, mengisi dan mengajukan permohona SIUP beserta persyaratan melalui kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota atau wilayah sesuai domisili perusahaan untuk permohonan SIUP menengah dan SIUP kecil
  2. Sedangkan permohonan SIUP besar diajukan melalui Kanwil Perindutrian dan Perdagangan kota atau propinsi sesuai domisili perusahaan

Mengajukan tanda daftar perusahaan

 Gambar


Permohonan pendaftaran dajukan kepada kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota atau kabupaten terkait sesuai dengan domisili perusahaan. Bagi perusahaan yang telah terdaftar akan diberikan sertifikat TANDA DAFTAR PERUSAHAAN sebagai bukti bahwa perusahaan / badan usaha telah melakukan wajib daftar prusahaan sesuai dengan peratran Menteri Perdagangan RI no.37 / m-DnG / DER / 9 / 2007 tentang penyelenggaraan pendaftaran perusahaan.

Persyaratan yang dibutuhkan :

  1.  foto copy izin persetujuan investasi dari BKPM untuk PMA / PMDN (asli diperlihatkan)
  2. foto copy akta pendirian dan perubahannya (asli ditunjukan)
  3. Asli SK Menteri Hukum dan HAM RI dan laporan perubahan akta
  4. foto copy surat keterangan domisili perusahaan, SIUP / SIUJPT / SIUPA / ijin operasional lainnya (asli ditunjukan)
  5. foto copy KTP pengurus (direksi dan komisaris) atau paspor jika pengurus adalah WNA.

Tahap terakhir adalah pengumuman dalam Berita Acara Negara Republik Indonesia.
Setelah perusahaan melakukan wajib daftar perusahaan dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM RI, maka harus di umumkan dalam berita negara dari perusahaan yang telah diumumkan dalam berita negara, maka perusahaan telah sempurna statusnya sebagai badan hukum.

 Gambar

Gambar Ilustrasi Lainnya

 Apa itu SPT?

SPT merupakan singkatan dari Surat Pemberitahuan. Bagi Anda yang sering berkecimpung di dunia pajak, istilah ini sudah tak asing lagi. Seiring dengan sistem perpajakan kita yang menganut sistem self assesment, di mana Wajib Pajak sendiri yang harus menghitung pajaknya, maka sarana untuk melakukan perhitungan tersebut dinamakan SPT. Ia juga sebagai sarana untuk melaporkan perhitungan pajak serta pembayaran pajak yang telah dilakukannya.

SPT itu bermacam-macam jenisnya sesuai dengan jenid pajak yang dilaporkannya. Untuk melaporkan PPh Tahunan ada yang disebutt SPT Tahunan yang terdiri dari SPT Tahunan PPh Badan (kode formulirnya 1771), SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (1770 dan 1770S), dan SPT Tahunan PPh Pasal 21 (1721). Selain SPT Tahunan, ada juga yang disebut SPT Masa. SPT ini digunakan untuk melaporkan kewajiban pajak tiap bulan atau masa. Ada yang disebut SPT Masa PPh Pasal 21/26, SPT Masa PPh Pasal 23/26, SPT Masa PPh Pasal 22, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2), SPT Masa PPh Pasal  25 dan ada juga SPT Masa PPh Pasal 15 serta SPT Masa PPN.

Mekanisme Mendapatkan Proyek TI Melalui Tender

A.      Melakukan Riset Pemasaran Kualitatif

Riset pasar kualitatif adalah alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan persepsi masyarakat terhadap suatu produk dengan tujuan memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan lini produk, distribusi, strategi penjualan dan semua hal lain yang akan meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan lebih.

Untuk mendapatkan pekerjaan melakukan penelitian kualitatif untuk penjualan, pengusaha mencari keterampilan khusus dan kompetensi. Penguasaan komputer adalah suatu keharusan karena metodologi baru dalam melakukan studi pasar statistik membuat ekstensif menggunakan perangkat lunak komputer. Keterampilan berpikir analitis yang diperlukan untuk memahami dan meneliti jumlah besar data. Keterampilan komunikasi melibatkan bercakap-cakap dengan orang-orang untuk mengumpulkan informasi, menafsirkan mereka dan membawa mereka ke klien. Kemampuan berharga lainnya adalah berpikir kritis kompetensi dan orientasi detail karena pekerjaan memerlukan analisis yang tepat data dan penilaian informasi yang dikumpulkan untuk menentukan rencana aksi.

Tugas Peneliti Pemasaran Kualitatif

Riset pasar tradisional kualitatif menggunakan dua metodologi untuk pengumpulan data: diskusi kelompok terfokus dan wawancara mendalam. Yang pertama memanfaatkan sekelompok kecil delapan sampai sepuluh responden dalam sebuah diskusi di mana perilaku mereka, persepsi dan sikap terhadap topik tertentu dikumpulkan dan dieksplorasi. Yang terakhir adalah wawancara satu-satu melalui telepon atau secara pribadi untuk masalah yang lebih kompleks.

Metodologi modern dilakukan dengan penggunaan komputer. Ini termasuk kelompok webcam, papan buletin online, video diary, penelitian mobile, survei email dan teknik lainnya yang terus-menerus diuji. Oleh karena itu, pekerjaan ini panggilan untuk bekerja, biasanya sendirian, pada komputer – Data mengumpulkan dan menilai mereka dan membuat laporan.

Khas Tugas Peneliti Pemasaran Kualitatif

Para analis pasar kualitatif  biasanya bekerja pada kelompok-kelompok kecil untuk mengumpulkan sejumlah besar informasi. Mereka berkomunikasi dengan responden melalui internet, melalui telepon atau secara langsung untuk mendapatkan wawasan ke dalam perilaku dan pendapat mereka, topik penelitian, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan menyiapkan laporan, grafik dan tabel dan sekarang mereka kepada manajemen. Tugas mereka termasuk pemantauan dan peramalan tren penjualan, mengukur efektivitas strategi pemasaran, merumuskan rencana dan proposal.

Sebagian besar tugas yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak statistik khusus, sehingga seorang spesialis pasar harus memiliki pengetahuan komputer dan belajar bagaimana menggunakan program tertentu.

B.    Tender Barang dan Jasa

Tender adalah istilah yang telah dikenal Iuas oleh umum, khususnya oleh para pengusaha di bidang perdagangan umum, jasa konstruksi, jasa konsultasi, dan lain-lain usaha dan jasa.
Tender dilaksanakan melalui suatu sistim Pelelangan Umum atau Pelelangan Terbatas bagi para pengusaha yang telah memenuhi syarat-syarat dan standar kualifikasi yang ditentukan sebagai peserta Tender/Pelelangan.
Berikut ini diuraikan secara singkat contoh pelaksanaan suatu Tender untuk Barang dan Jasa.
Pihak-pihak yang terlibat dalam suatu Tender Barang & Jasa adalah :
1. Pihak yang membutuhkan Barang dan Jasa;
2. Pihak peserta Tender yang menawarkan Barang dan Jasa.

Penawaran Jasa

Tender dalam dunia IT sangat penting untuk menekan minimalis harga tapi memiliki spesifikasi hardware yang baik juga memiliki tenaga ahli. Dengan penentuan harga juga keahlian maka semakin besar kemenangan untuk mendapatkan tender.
Berikut ini sedikit contoh penawaran paket jasa pemasangan jaringan computer
beserta daftar harganya.

1. Instalasi Lab computer atau Warnet

Keterangan Satuan Harga
Kabel UTP + instalasi Per instalasi ± Rp 700.000 ,00
Hub / Switch 8 port Perbuah ± Rp 300.000 ,00
RJ-45 Perbuah ± Rp  500 ,00
Setup Per PC ± Rp 15.000 ,00

Jumlah port dalam hub disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk jumlah port lebih
banyak, maka harga lebih mahal. PC yang digunakan, langsung dari pelanggan.

2. Instalasi Wi-fi / Hotspot
Pada instalasi area Wifi / hotspot kami menyediakan beberapa paket didalamnya, yaitu:

a. Paket Ekonomi

1. Dalam Ruangan

 Gambar

2.Luar Ruangan

 Gambar

Jika pihak pelangan setuju dengan penawaran paket jasa pemasangan jaringan komputer ini maka pelanggan dan pemenang tender bisa saling membuat perjanjian dalam melakukan kerjasama dengan isi
pasal-pasal yang lazim ada dalam suatu Surat Perjanjian adalah :
a) Identitas pihak-pihak yang membuat dan menandatangani Surat Perjanjian;
b) Maksud dan Tujuan dari perjanjian;
c) Syarat-syarat pelaksanaan dari pekerjaan (pengadaan);
d) Jadwal pelaksanaan sampai waktu perampungan pekerjaan (pengadaan);
e) Nilai atau Harga dari pelaksanaan pekerjaan (pengadaan) sesuai penawaran yang disepakati;
f) Sistim dan tahap pembayaran harga dari barang dan jasa;
g) Jaminan timbal-balik dari pihak-pihak yang membuat perjanjian demi kelancaran pelaksanaan pekerjaan yang disepakati;
h) Hak dan kewajiban masing-masing pihak yang membuat perjanjian;
i) Cara penyelesaian sesuatu perselisihan sehubungan dengan pelaksanaan perjanjian;
j) Ketentuan-ketentuan dalam hal terjadinya Keadaan Memaksa (Force Majeure);
k) Syarat dan ketentuan pemutusan perjanjian;
I) Tempat kedudukan (domisili) hukum akibat pelaksanaan perjanjian.

C.      Mengamati E-Procurement Situs Department

E-Procurement adalah pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Fasilitas E-Procurement antara lain usulan pengadaan, pengajuan kebutuhan, undangan dan permintaan penawaran, penawaran/bidding, pengambilan dokumen lelang dan pengiriman dokumen lelang, serah terima barang dan jasa, berita acara dan manajemen vendor.

Internet telah muncul sebagai media yg efektif dari segi biaya dan dapat diandalkan untuk melakukan transaksi bisnis online. semakin banyak perusahaan yang mengadaptasi media ini dalam melakukan pengadaan barang mereka. Keuntungan utama e-procurement meliputi pengurangan biaya overhead seperti pembelian agen, juga peningkatan kendali inventoro, dan keseluruhan peningkatan siklus manufaktur. Sistem e-procurement membantu perusahaan-perusahaan mengkonsolidasikan data tentang pengadaan bermacam-macam barang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Komponen-komponen dalam e-procurement :

Fitur utama e-procurement meliputi :

  • Katalog elektronik untuk item-item standar/inti.
  • kemampuan punch-out ke situs-situs web pemasok untuk produk-produk yang dinamis
  • memunculkan kembali daftar-daftar permintaan untuk item-item yang dibeli secara teratur
  • jaur-jalur persetujuan yang menyatu untuk menjalankan kendali anggaran belanja
  • kemampuan untuk memberi laporan informasi manajemen yang detail

Terdapat 6 tipe dari e-procurement, yaitu : 

Web-Based ERP
Membuat dan menyetujui daftar permintaan, menempatkan daftar pembelian dan meneri barang dan jasa dengan menggunakan sistem software berbasis teknologi internet.

E-MRO
Hampir sama dengan web-based ERP namun barang dan jasa yang diminta adalah non-produk yang berkaitan dengan jasa pemeliharaan, perbaikan dan operasional.

E-Sourcing
Daftar informasi barang / jasa yang dipublikasikan oleh produsen dan penjual secara elektronik di situs e-procurement yang antara lain berisi nama, tempat, harga, spesifikasi teknis dan kualitas mengenai produk / barang tersebut.

E-Tendering
Pelelangan umum dalam rangka mendapatkan barang/jasa dengan penawaran harganya hanya dilakukan satu kali pada hari, tanggal, dan waktu yang telah ditentukan dalam dokumen pengadaan, untuk mencari harga terendah tanpa mengabaikan kualitas dan sasaran yang telah ditetapkan dengan mempergunakan media elektronik yang berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi dan informasi.

E-Reverse Auctioning
Penggunaan teknologi internet untuk membeli barang dan jasa sejumlah penyedia barang/jasa yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal.

E-Informing
Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi pembelian dari pihan internal dan external dengan menggunakan teknologi internet.

Sumber :

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s