Pembelajaran mengenai game


Definisi game

Menurut Andrew Rollings dan Dave Morris (2004, p35-38), game bukanlah :

a.   Kumpulan dari fitur yang bagus

b.   Kumpulan grafik yang sangat fantasi

c.   Kumpulan dari puzzle

d.   Setting dan cerita yang bagus

Menurut gamedev (http://www.gamedev.net), game adalah sesuatu yang bersifat interaktif, memiliki peraturan sendiri dimana mengandung tantangan dan suatu kondisi menang yang mendefinisikan suatu realtias dengan tujuan untuk menghibur.

 

Menurut kamus bahasa Indonesia “Game” adalah permainan. Game merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan.Game adalah kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya.Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemainberinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan, dalampermainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukanpermainan.

Tujuan Game

Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karenadalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannyadengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduangame kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.

Kalsifikasi game

Menurut Andrew  Rollings dan Dave Morris  (2004,  p12),  game  memiliki

genre yang luas, antara lain :

a.   Action – Kebanyakan terdiri dari pemencetan tombol

b.   Adventure – Fokus pada jalan cerita

c.   Strategy – pilihan nontrivial

d.   Simulation – Latihan optimisasi

e.   Puzzle – Membutuhkan analisa tinggi

g.   Educational – Belajar sambil melaksanakan

Klasifikasi game, pada umumnya akan membaginya berdasarkan platform (board game, card game, PC, mobile, konsol), genre (action, adventure, role-playing, strategy), atau tema (fantasi, sejarah,olahraga).

Padahal sejatinya ada juga klasifikasi lain, yaitu berdasarkan tujuan penggunaannya.
Untuk apa saja sih tujuan penggunaan game? Ternyata tidak hanya sekadar fun. Game juga digunakan untuk keperluan lain dengan tujuan yang bisa dibilang serius. Berikut klasifikasinya seperti dilansir segitiga.net:

Game as Game.

Jenis game yang satu ini adalah jenis game yang paling umum kita temui. Tujuan utama dari game jenis ini adalah kesenangan dan fun!.

Game as Media.

Jenis game as media punya tujuan utama yang berbeda dari jenis game as game, walau kadang juga tetap memiliki unsur fun.

Tujuan utama dari game as media adalah untuk menyampaikan pesan tertentu, memanfaatkan game sebagai medium si pesan. Isi dan cara penyampaian pesan ini tergantung pada keinginan sang desainer game dan target yang dikejar.Contoh umum dari game as media adalah game yang termasuk dalam serious game, seperti advergame, edutainment atau edugame, exergame, simulasi, dan lainnya. Jenis game ini bisa diimplementasikan pada bidang-bidang yang lebih luas, seperti marketing, pendidikan, dan lain-lain.

Game Beyond Game.

Terakhir adalah game beyond game, atau bisa disebut juga dengan istilah gamification. Gamification adalah penerapan konsep atau cara berpikir game design ke dalam lingkup non-game.

Bentuk gamification sendiri pun biasanya tidak berupa game, misalnya sistem reward dari poin yang dikumpulkan dengan berbelanja, atau lainnya. Sama seperti serious game, gamification bisa diterapkan dalam beberapa bidang yang lebih umum seperti seni, pendidikan, jurnalisme, bisnis, dan lainnya.

 

Konsep dasar game

Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu :

Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game ( umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini). Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.Untuk membuat program sendiri tidak akan kita bahas disini karena tujuan penulisan ini adalah untuk amateur game developer , tapi sekedar pengetahuan saja, untuk membuat program sendiri kita harus memahami bahasa pemrograman , dan untuk membuat program sendiri, kita dapat menggunakan “Visual Basic”, “C++”,dll. Saat ini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat game. Diantaranya ada juga yang Freeware (gratisan) untuk di download&install. Beberapa aplikasi yang akan kita bahasa adalah:

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s