Pembuatan Logo menggunakan Adobe Illustrator


Desain logo diatas adalah desain logo amatiran ala saya.  Saya membuat desain logo diatas dengan menggunakan Adobe Illustrator CS 2. Adobe Illustrator sangat cocok sekali untuk membuat desain logo seperti diatas karena gambar yang dihasilkan adalah gambar vektor. Keistimewaan gambar vektor adalah gambar tidak pecah apabila diperbesar sampai ukuran berapapun. Sehingga sangat cocok sekali untuk dicetak ke ukuran besar misalnya untuk reklame, disablon di kaos, dan lain-lain. Ada lagi software berbasis vektor yang dapat digunakan untuk membuat desain logo yaitu Corel Draw. Anda tentu sudah kenal dengan software ini bukan? Kalau belum kenal silahkan cari tahu di direktori mbah gugel.  Saya sendiri masih kesulitan dalam medesain logo dengan Corel Draw, karena menu-menunya sangat kompleks sehingga membingungkan saya. Beda halnya dengan Adobe Illustrator yang memiliki interface hampir mirip dengan Photoshop.

Buatlah dokumen baru dengan setting-an seperti berikut.

Size : 500 x 500 px, Color mode : RGB, Raster : 300 ppi.

1

 

 

 

 

Ubah warna foreground fill menjadi #0071BC.

Aktifkan Ellipse Tool (L), klik pada dokumen. Akan muncul konfirmasi ukuran yang akan digunakan.

1

 

 

 

Saya menambahkan objek gambar gear yang saya belah menjadi 2 bagian kemudian Aktifkan Transparency (Shift  + Ctrl + F10), ubah Blending Mode menjadi Multiply.

untitled

 

 

 

 

 

 

 

Buat layer baru, kemudian pada Control Bar (bawah menu), ubah foreground fill menjadi [None], dan ubah stroke fill menjadi putih. Untuk menambah kan tulisan tekan tombol add text

Klik kanan pada text kemudian pilih opsi Create outlines. Aktifkan Direct Selection Tool (A), klik pada text, akan terlihat Anchor points.  Ini adalah, tekan Ctrl + G untuk menyatukan mereka. Agar tidak terlihat kaku, tambahkan Drop Shadow. Lakukan melalui menu Effect > Stylize > Drop Shadow, dan buat setting-an seperti berikut.

Mode MultiplyOpacity : 75%, X Offset : 5 px, Y Offset : 5 px, Blur : 5 px, Color : #000000.

Inilah hasil akhirnya.

2

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s