Teknik Informatika Teknik Informatika dan Teknik Informatika!!


Dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai teknik informatika,mengapa teknik informatika dan bukan teknik atau bidang yang lain. Simpel aja saya mahasiswa teknik informatika gunadarma semester 5.

Berikut ini adalah pemabahasan dan alasan alasan mengapa teknik informatika

 

 

Teknik Informatika

 

Informatika adalah suatu ilmu yang mempelajari komputer dan pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan manusia.

Karena informatika menggunakan software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (penggunaannya). Untuk memecahkan suatu masalah, maka penggunaannya dapat difokuskan pada satu, dua, ataupun ketiga faktor yang ada di atas. Masalah yang dimaksud disini adalah masalah yang apabila dipecahkan dengan pendekatan informatika akan memudahkan kehidupan manusia.

Informatika berasal dari dua kata, yaitu informasi dan matematika. Mengapa infomasi dan matematika? Karena matematika digunakan untuk mengolah informasi, sehingga infomasi tersebut berguna untuk manusia.

Inti dari informatika adalah algoritma. Begitu pentingnya algoritma dalam informatika, maka ahli algoritma bisa dikatakan sebagai orang yang telah menguasai informatika, dan sebaliknya bagi orang yang tidak menguasai algoritma berarti belum bisa dikatakan sudah menguasai informatika. Meskipun algoritma adalah dasar dari informatika, tetapi untuk mempelajari ilmu selanjutnya, algoritma akan sangat berperan didalamnya.

 

Sekilas tentang ilmu algoritma

Karena teknik informatika ga lepas sama yang namanya algoritma,disini saya bahas sedikit tentang algoritma.

Algoritma ialah suatu prosedur langkah-langkah logis untuk memecahkan masalah sistematis dalam suatu jumlah langkah-langkah yang terhingga. Algoritma sering meliputi pengulangan langkah-langkah dasar operasi yang sama. Contohnya, orang yang menggunakan telepon umum. Untuk menggunakan telepon umum tersebut, maka orang harus mengikuti langkah-langkah seperti ini :

(1)    angkat telepon
(2)    masukkan koin
(3)    tekan nomor yang akan dihubungi
(4)    bicara
(5)    letakkan gagang telepon
Itu adalah salah satu contoh langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain, contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.
Contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?

Setelah menjadi ahli informatika kita akan dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang menantang dan menarik untuk dipecahkan. Misalnya, perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang tentu saja dalam berkomunikasi antar cabang menjadi sangat sulit apabila antar cabang tersebut tidak saling on-line. Apalagi, apabila perusahaan tersebut masih paper-based atau segala sesuatunya dikerjakan dengan menggunakan kertas. Untuk surat-menyurat saja diperlukan kurir, hal ini tentu saja sangat merepotkan dan memakan waktu dan biaya yang besar, Dengan bantuan ahli informatika, maka hal ini dapat dipecahkan dengan membangun jaringan telekomunikasi antar cabang. Misalnya, berkirim surat tidak harus menggunakan kurir, akan tetapi bisa dengan menggunakan email. Demikian pula dengan kondisi masing-masing kantor cabang akan dapat dimonitor secara terus-menerus dan kontinu.

 

KARIR DAN DUNIA NYATA

 

Lima belas tahun yang lalu, belum banyak orang yang menggunakan komputer. Sekarang komputer tidak bisa dilepaskan dari kegiatan kita sehari-hari. Di negara maju, komputer sangat vital bagi kehidupan mereka. Di Indonesia sendiri, komputer belum sampai pada tahap vital tersebut, Tetapi, dengan arus globalisasi yang merayap ke berbagai segi kehidupan kita, maka dapat dipastikan penggunaan komputer akan semakin berkembang di negara kita. Jadi akan dibutuhkan ahli-ahli komputer yang banyak untuk mendukung semakin berkembangnya penggunaan komputer di negara kita.
1.    Programmer

Pekerjaan dari Programmer adalah membuat program komputer. Sebagai programmer kamu bisa bekerja di bawah suatu perusahaan, sehingga kamu diharapkan untuk membuat program komputer bagi perusahaan tersebut atau kamu bisa membuat perusahaan software sendiri untuk dijual ke orang yang membutuhkannya. Karena orang yang mampu membuat program masih sedikit, kesempatan untuk bekerja dan memperoleh pendapatan yang besar sangat terbuka.
2.    Sistem Analis

Seorang Sistem Analis bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan programmer-programmer dan memelihara sistem yang digunakan oleh perusahaan. Contoh dari sitem perusahaan adalah LAN (Local Area Network atau sistem on-line sebuah bank. Tanggung jawab seorang sistem analis lumayan besar karena apabila sistem yang digunakan oleh suatu perusahaan dowb, maka hal tersbut dapat merugikan perusahaan dan pelanggannya. Contohnya adalah online sebuah ATM Bank, apabila ATM tersebut down, maka hal tersebut bisa mengecewakan orang yang akan menggunakaannya untuk mengambil uang, sekaligus merugikan perusahaan tersebut.

 

3.    Web Designer

Apakah kamu mempunyai situs favorit? Mengapa kamu suka situs itu? Apakah karena tampilannya bagus dan tidak membosankan? Kalau iya, berarti web designer dari situs tersebut patut diacungi jempol. Memang tugas ari seorang web designer adalah untuk membuat desain atau tampilan dari sebuah situs. Tampilan dari sebuah situs adalah fist impression dari situs tersebut. Apabila warna, gambar, atau letaknya tidak menarik, maka bisa-bisa kita tidak mau masuk situs itu lagi, walaupun sebetulnya isi dari situs itu bagus. Saat ini, web designer diharapakan tidak hanya merancang tampilan web yang bagus, tetapi juga mampu mengintegrasikan database di dalam website yang dibuatnya.
4.    Bidang Lainnya

Sebagai lulusan teknik informatika, maka kamu juga bisa berkerja di perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, informasi, dan lain-lain. Selain berkerja di perusahaan, kamu bisa bekerja di Bursa Efek dan BPPT misalnya, atau kamu bisa menjadi konsultan atau dosen.
Yang Perlu diketahui
Perbedaan Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik Informatika

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik Informatika. Keduanya sama-sama mempelajari dasar-dasar dan fundamental dari perilaku komputer sampai ke taraf penerapannya dalam bentuk berbagai aplikasi. Kalaupun ada perbedaan, mungkin lebih kepada referensi yang diambil oleh fakultas atau jurusan tersebut. Ilmu Komputer sangat populer di Amerika dan Inggris. Sedangkan Eropa pada umumnya menggunakan istilah Informatics dan bukan Ilmu Komputer.

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s