2 sistem operasi,mengapa tidak!!


LinuxMint

Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan diUbuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Dual booting adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komputer/laptop yang memiliki dua sistem operasi yang sama-sama aktif, seperti dual booting Windows 7 –  Linux Mint, Windows 7 – Windows XP, Windows 7 – Ubuntu dsb.  Pada saat booting (masuk) pengguna akan diminta memilih sistem operasi apa yang akan ia gunakan ketika memakai komputer tersebut. Dari segi partisi, metode instalasi Linux Mint (dual booting) bisa diklasifikasikan dalam 4 kategori:

  1. Full installation (fresh installation) atau menginstal linux secara integral, sepenuhnya dan paripurna. Cara ini adalah cara yang paling saya rekomendasikan karena cara ini biasanya minim masalah. Dengan cara ini pula semua fitur dan layanan Linux bisa dinikmati secara optimal. Full installation mengharuskan Anda menyediakan partisi khusus (drive khusus) untuk “tempat kerja” linux di komputer Anda.
  2. Instal linux seperti software. Metode instalasi ini menggunakan “jembatan penghubung” yang dinamakan mint4win (baca: mint for win). Mint4win akan “menyulap” Linux Anda menjadi persis seperti software namun memiliki kemampuan OS (Operating System). Dikatakan seperti softwarekarena Linux pada metode ini akan terbaca seperti program-proglam lainnya di Windows, dan tentu saja bisa di-uninstall atau di-remove melalui control panel Windows. Kelemahan metode ini terletak pada ketidakoptimalan instalasi linux. Maksudnya, karena masih bersifat software, seringkali banyak keluhan muncul, seperti drive/partisi Windows yang tidak terbaca dsb.

 

  1. Install side by side with Windows. Artinya, Linux Mint diinstal berdampingan dengan Windows di drive C. Saya belum pernah mencoba metode ini karena khawatir bila terjadi apa-apa, Windows saya bisa hilang. Saya tidak merekomendasikan metode ketiga ini.

 

  1. Instal di mesin virtual. Mesin virtual (virtual machine; komputer virtual) adalah sistem operasi yang diinstal dalam program semisal Virtual Box, VMWare atau Parralels dsb. Virtual Box dsb ini adalah software yang berfungsi sebagai komputer dalam komputer Anda. Jadi, saat Anda menjalankan Windows 7 misalnya, dengan Virtual Box dll Anda juga bisa membuka OS lain, full screen, dan dengan kemampuan nyaris sempurna seperti bila diinstal di komputer asli. Bila ingin coba-coba, cara ini mungkin salah satu yang paling aman.

 

Alasan memilih linux mint

Linux Mint bukanlah sistem operasi terbaik di dunia ini, sama halnya dengan Windows, Ubuntu, Mac Os dsb. Banyak orang memilih Linux Mint dibanding distro Linux lainnya dengan alasan bahwa Linux Mint lebih user friendly alias mudah digunakan untuk pemula. Saat pertama kali mengenal Linux di tahun 2009, distro yang pertama kali saya pakai adalah Ubuntu. Tidak lama kemudian, saya sudah beralih ke Linux Mint karena satu alasan: rasa! Ya, pertama kali melihat Linux Mint 8 aka Helena, saya langsung jatuh cinta. Sejak saat itu, saya memilih setia pada Linux Mint hingga sekarang.
Jadi, bagi saya, memilih distro Linux itu soal selera, silakan pakai distro yang sreg dengan Anda.

 

Syarat minimum instalasi

Pada saat kita ingin meginstal Linux mint tentu sebelumnya kita sebaiknya mengetahui apa yang dibutuhkan dan disiapkan,berikut ini akan di jelaskan:

  Minimum Direkomendasikan
Processor x86 600 MHz 1 GHz
Memori (RAM) 256 MB 512 MB
Free space tempat Linux 5 GB 10 GB
Resolusi Monitor 800 X 600 1024 X 768

 

Siapkan partisi

Karena tutorial yang ada di bawah dibuat untuk dual boot Windows 7 – Linux Mint (9, 10 atau 11) metode pertama (full installation), maka sebelum menginstal kita harus menyediakan partisi/drive khusus untuk tempat linux.

Sesuai dengan syarat minimum di atas, kita akan mengambil 10 GB dari free space di hard disk. Bila Anda ingin menginstal banyak program nantinya, jumlah free space untuk Linux bisa ditambah menjadi 10 GB, 13, 14, 15, 16, 17 GB dst.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s