Tools pengukuran sebuah website


Tools untuk mengukur website

 

A. Page Rank

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Kelebihan Page Rank:

  Pagerank dapat lebih stabil. Walau dalam beberapa kasus ada juga blog doFollow yang pageranknya bagus dan stabil.

  Semakin bagus posisi di SERP, ini berhubungan dengan PageRank, semakin baik pagerank sebuah blog semakin baik pula posisinya di SERP

  Aman dari gangguan spammers yang mencari backlink asal-asalan jadi Untuk komentar yang masuk pasti lebih nyambung alias tidak keluar dari topik yang sedang dibahas.
Kekurangan PageRank:

  1.  Bisa dibilang Blog akan sepi pengunjung karna Pengunjung yang datang hanya mencari informasi dari blog kita
  2. Jarang atau tidak ada yang memberi komentar, kecuali postingan yang berkualitas/bermanfaat. Walau terkadang postingan yang bermanfaat pun tidak menjamin banyak dikomentari. Tapi dalam beberapa kasus, tidak sedikit blog NoFollow yang postingannya ramai komentar, contohnya blog ini 100% blog Nofollow tapi banyak juga tuh yang memberi komentar. hehehehe

Cara kerja

3.    PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

B. Alexa

Tool ini akan menampilkan score website Anda di Alexa. Jika Anda memilih tampilan grafi, Anda bisa melihat grafik pengunjung Anda setiap bulannya. Alexa merupakan website penyedia traffic monitoring untuk Blog atau website kita. Alexa akan selalu memonitoring dan memperbaharui (meng-update) aktivitas dan perkembangan website kita. Semakin tinggi Rank yang kita dapatkan di alexa maka semakin tinggi pula indek pencarian blog kita di search engine. Pernahkan kalian berfikir dan berkeinginan agar blog atau website kalian terindek no satu di search engine…? Jawabanya pasti pernah. Apakah itu mungkin,.? Bisa saja itu terjadi salah satunya dengan cara meningkatkan rank  di alexa. Tapi untuk mendapatkan Rank di alexa itu tidak mudah seperti yang di bayangkan karna ada tips dan trik yang harus di pelajari.
sumber :
Kelebihan Alexa:

  1. Alexa rank menghitung lebih syariah dan Google fokus kepada backlink sehingga para vendor dan webmaster lebih menyukai Alexa.
  2. Alexa mempunyai ranking yang tidak terlalu lama updatenya dibandingkan Google yang update ± 3 bulan sekali.
  3. Keuntungan menggunakan Alexa adalah Alexa memberikan data real yand didapat dari jumlah kunjungan yang bersifat unik dan sangat baik untuk memonitor prestasi website dalam jumlah kunjungan.

 

Kekurangan Alexa:

1. Alexarank sebagai ukuran populeritas situs itu bohong , terbukti alexarank tidak bisa baca populeritas situs yang tidak di pasang baner alexa .

2. Alexarank tidak up to date perkembangan situs , mulai dari konten, baika artikel, keyword dan diskripsi, silahkan cek situs anda masing masing dan perhatikan keyword jaman bahulak kok masih muncul hehehe.

3. Laporan backlink alexarank tidak akurat, silahkan buktikan buat situs baru dengan satu backlink atau beberapa backlink, cek di sana heheheh pasti tidak sama.

C. SEOMOZ

Website ini akan mengukur Page Strength website Anda dengan menggunakan berbagai macam parameter, seperti Page Rank, Umur Domain, Score di Alexa, dll. Untuk memasang tool ini di website Anda lakukan test Page Strength.Setelah muncul hasilnya Anda akan diberi kode untuk di paste di website Anda.

Kelebihan Seomoz:

  1. Aman dari gangguan spammers yang mencari backlink asal-asalan jadi Untuk komentar yang masuk pasti lebih nyambung alias tidak keluar dari topik yang sedang dibahas.
  2. Saat situs kita sepi maka situs kita masih dihargai oleh Google selama backlinknya masih ada.
  1. Beberapa orang mengatakan bahwa Alexa hanya menghitung kunjungan website yang menggunakan Alexa toolbar dsb, namun beberapa orang meyakini bahwa tidak perlu menggunakan toolbar, Alexa akan tetap menghitung rank website, namun dengan menggunakan toolbar maka perhitungannya lebih maksimal dan lebih cepat.

Kekurangan Seomoz:

  1. Bisa dibilang Blog akan sepi pengunjung karna Pengunjung yang datang hanya mencari informasi dari blog kita
  2. Laporan backlink alexarank tidak akurat, silahkan buktikan buat situs baru dengan satu backlink atau beberapa backlink, cek di sana heheheh pasti tidak sama.
  3. tidak bisa baca populeritas situs yang tidak di pasang baner Seomoz

Pendapat pribadi mengenai tools yang memungkinkan untuk digunakan adalah page rank karena tingkat kestabilan nya yang dapat di jadikan sebuah acuan.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s